Pemda-Keluarga Raja Bone Berdamai, Pusaka Akan Kembali ke Museum

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar- Kasus dugaan pencurian barang pusaka di Museum Lapawawoi, Bone, Sulawesi Selatan, disepakati untuk diselesaikan secara kekeluargaan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bone Andi Ansar mengatakan pihaknya telah melakukan kesepakatan dengan pihak keluarga yang mengaku sebagai keturunan Raja Bone dalam masalah ini.

"Kami kedua belah pihak akan menyelesaikan persoalan itu secara kekeluargaan. Mungkin dalam waktu dekat ini selesai," kata Andi Ansar, Rabu (26/1).

Proses mediasi ini kata Ansar sementara berjalan sehingga diharapkan mencapai titik temu secepatnya. Sementara, barang-barang dari kerajaan Bone masih dalam pengamanan pihak kepolisian.

"Semua barang itu masih dalam pengamanan polisi dan itu menjadi tawaran kami, sebelum penandatanganan kesepakatan kesepakatan barang itu harus sudah ada ke museum. Jadi barang harus kembali ke museum dan nanti kita sepakati," jelasnya.

"Insyaallah masalah ini bisa berdamai dan bisa diselesaikan secara kekeluargaan," sambungnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana mengatakan hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan.

"Masih diadakan perkembangan lidik, terkait kebenaran pemilik barang-barang miliknya," kata dia. (CNN)